Intergeneration Picnic and Fun Walk

Formulir Pendaftaran

 

Tentang Demensia dan Bulan Alzheimer Dunia

 

Demensia merupakan kelainan degeneratif progresif yang menyerang sel syaraf pada otak dan merupakan suatu penurunan fungsi otak yang mempengaruhi daya ingat, pengambilan keputusan dan berbicara, serta perubahan perilaku dan fungsi otak lainnya. Penyakit Alzheimer merupakan bentuk paling umum dari demensia, disusul oleh demensia vaskular.

Setiap 3 detik, 1 orang terkena demensia. Di Indonesia, diperkirakan ada sekitar 1.2 juta orang dengan demensia pada tahun 2016, yang akan meningkat menjadi 2 juta di 2030 dan 4 juta orang pada tahun 2050. Biaya ekonomis Indonesia sebagai negara dengan pendapatan menegah diperkirakan mencapai US$ 2.2 milyar per tahun (Alzheimer’s Disease International World Alzheimer’s Report, 2016).

Sehubungan dengan Bulan Alzheimer Dunia pada September 2018, Alzheimer Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai Alzheimer melalui Jalan Santai Lintas Generasi dan Piknik Bersama Orang Dengan Demensia yang bertujuan untuk menciptakan dan menumbuhkan kasih sayang, dan ikatan cinta kasih diantara orang tua, anak dan cucu; Mendorong generasi muda untuk lebih menghabiskan waktu bersama dengan para lansia; dan Meningkatkan kesadaran tentang demensia diantara generasi muda

Kami mengajak Anda untuk ikut berpartisipasi dan berdonasi dalam acara ini yang akan dilaksanakan pada Minggu, 23 September 2018 pukul 06.00 – 10.30, di Taman Suropati. Dengan memberikan donasi sebesar Rp. 100.000,- Anda mendapatkan T-shirt, pin & goodie bag, serta turut mendukung terlaksananya 1 sesi Caregiver Meeting setiap bulan yang merupakan wadah bagi para caregiver berbagi cerita, saling belajar satu sama lain hingga mendiskusikan hal-hal terkait dengan pengalaman mereka menjadi caregiver untuk Orang Dengan Demensia (ODD) yang mereka cintai demi peningkatan kualitas hidupnya.

Pada saat fun walk, Anda akan menemani satu orang Lansia dan saling berbagi cerita selama jalan sehat yang nantinya cerita tersebut akan dibagikan pada saat piknik bersama.

“Walk Together for Alzheimer Awareness and Creating Quality Moments with Loved Ones”

Community Partner

 

Acara ini didukung oleh berbagai pihak, salah satunya adalah CAUSE dan INDORUNNERS sebagai Community Partner ALZI.

 

Mari ajak Kakek, Nenek, Bapak, Ibu, Oom, Tante, Kakak, Adik, Anak, Keponakan, Cucu untuk ikut berjalan bersama Alzheimer’s Indonesia untuk #MelawanPikun #SayangOrtu #Every3Seconds