53751_72608_lansia

Pasukan Ungu dari Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat menyelamatkan wanita lanjut usia yang terindikasi demensia di Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Nenek yang mengaku bernama Anah itu ditemukan berjalan sendirian dari Stasiun Tanah Abang menuju Kantor Kecamatan Tanah Abang.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Dewi mengatakan, petugas saat itu sedang melakukan pengawasan di daerah tersebut.

“Teman-teman P3S melihat wanita lansia sedang mondar-mandir sejak pagi dari stasiun ke kantor kecamatan. Dia jalan sendirian aja. Terus petugas mendatangi dia dan diajak ngobrol,” ujarnya, Selasa (27/9).

Saat ditanya di mana tempat tinggalnya, lansia itu mengaku lupa. Bahkan, saat ditanya berkali-kali, sempat ia memberikan jawaban, namun dengan alamat yang berbeda.

“Akhirnya untuk sementara kami ajak nenek Anah ke kantor Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat sebelum ke panti. Kami berikan tempat yang nyaman dulu supaya dia ingat rumahnya,” tukasnya.

Sesampainya di kantor, lanjut dia, nenek Anah kembali ditanya petugas perihal asal-usul dirinya. Selama satu jam ia diinterogasi. Pertanyaan sama yang diberikan tapi dengan jawaban yang berbeda.

“Ia mengaku masih berumur 37 tahun. Padahal menurut kami sudah 70 tahunan. Ia juga mengaku bisa sampai ke Tanah Abang karena dibonceng naik motor,” imbuhnya.

Setelah ditanya berulang-ulang, akhirnya nenek Anah ingat punya anak bernama Budi Iksan. Kabar baiknya, ia juga mulai ingat kalau dia tinggal di daerah Inpres.

“Karena kami sudah mendapatkan informasi yang sudah tidak berubah-ubah, maka kami antar nenek Anah ke rumahnya dengan sepeda motor. Ia tinggal di Jalan Jati Bunder RT 12/12,” pungkasnya. (uya/JPG)

Sumber : Jawa Pos

%d bloggers like this: