Gigi dan gusi sehat

Penting bagi penderita demensia memeriksakan gigi secara rutin untuk memastikan tidak ada masalah dengan gigi, gusi, atau gigi palsu mereka. Rasa sakit atau ketidaknyamanan akan menyebabkan kesakitan dan dapat menyebabkan mereka mengalami kesulitan makan dan minum.

Jika Anda melihat bahwa penderita demensia mengalami masalah, seperti gusi bengkak, gusi berdarah, gigi rusak atau tambalan hilang, hubungi dokter gigi segera. Hal ini dapat membantu dokter gigi untuk menjelaskan bahwa pasien menderita demensia. Terus berikan dorongan atau bantuan bagi penderita demensia untuk mengikuti petunjuk dokter gigi, seperti menyikat gigi dan flossing gigi, serta membersihkan gigi palsu mereka secara teratur.

Tetap bergerak/beraktivitas

Semakin banyak seorang penderita demensia bergerak maka akan semakin baik untuk kesehatan mereka dan lebih mudah bagi orang di sekitar untuk menjaga mereka. Carilah cara untuk membantu penderita demensia tetap bergerak/beraktivitas.

  • Jika penderita demensia menjadi tidak stabil oleh karena kaki mereka, seorang ahli Okupasi Terapi harus mampu memberikan informasi baik tentang alat bantu dan peralatan, seperti memfasilitasi rail untuk membantu mereka bergerak/berpindah.

  • Jika penderita demensia menghabiskan banyak waktu mereka untuk duduk, mereka akan membutuhkan sebuah kursi yang nyaman dan memudahkan mereka untuk duduk dan bangun dari kursi.

  • Jika penderita demensia membutuhkan bantuan ketika mereka bergerak/berpindah, seorang terapis okupasi atau ahli fisioterapis dapat memberikan petunjuk bagaimana caregiver dapat dengan aman memberi mereka bantuan/dukungan yang mereka butuhkan tanpa melukai diri mereka sendiri.

Perawatan Kaki

Kaki yang sehat sangat penting jika penderita demensia tetap bergerak dan aktif. Tips berikut akan membantu:

  • Pastikan orang tersebut memakai sepatu yang pas, meskipun menggunakan sandal maka sandal yang digunakan pun harus nyaman. Sepatu dan sandal mereka tidak seharusnya dipakai selama lebih dari beberapa jam pada suatu waktu apabila tidak memberikan dukungan yang penuh.

  • Alamatkan masalah seperti kuku yang tumbuh ke dalam dengan berkonsultasi pada seorang ahli perawatan kaki/Chiropodist.

  • Pastikan kaki seseorang tetap bersih dan kering, dengan kuku kaki dipotong pendek. Seorang Chiropodist dapat membantu dengan menggunting kuku kaki jika Anda mengalami kesulitan.

  • Hubungi dokter jika ada masalah lain – contohnya, jika ada bagian kaki yang menjadi bengkak atau sakit, atau jika kulit berubah warna.

%d bloggers like this: