Tentang Alzheimer Indonesia

Tentang Alzi

Alzheimer’s Indonesia adalah sebuah organisasi non-profit yang memiliki visi dan bertujuan untuk membantu dan meningkatkan kualitas hidup Orang Dengan Demensia (ODD), Alzheimer, beserta keluarga dan caregivers ODD di Indonesia. Alzheimer’s Indonesia didukung oleh relawan dari berbagai usia dan profesional dari berbagai bidang seperti dokter ahli saraf (neurolog), psikiater, psycho-getriatrician atau geriatric psychiatrist (ahli kejiwaan manula), pengacara, spesialis komunikasi kesehatan, dan lainnya.

Misi Alzheimer Indonesia:

  • Meningkatkan pemahaman publik mengenai isu penyakit Alzheimer dan Demensia.
  • Melakukan kegiatan advokasi mengenai dementia dan alzheimer terhadap semua stakeholders di Indonesia
  • Mempromosikan pola hidup sehat kepada masyarakat yang berusia 40 tahun ke atas sebagai tindakan pencegahan.
  • Mendukung program peningkatan kapasitas perawat, dokter dan pengasuh, serta meningkatkan penyebaran informasi mengenai Alzheimer di Indonesia.

Alzheimer’s Indonesia bermula dari Asosiasi Alzheimer Indonesia yang berdiri pada 22 Juli 2000 dan diresmikan oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. Ahmad Sujudi Sp.B. Pada tahun 2013, Asosiasi Alzheimer Indonesia berubah nama menjadi Alzheimer’s Indonesia.

Sejak tahun 2009, Alzheimer’s Indonesia resmi menjadi member dari Alzheimer Disease International (ADI) yang berpusat di London, Inggris, dan bekerja sama dengan World Health Organization di Geneva, Switzerland. Saat ini, Alzheimer’s Indonesia memiliki perwakilan di tujuh kota besar di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Palembang dan Medan.

Lihat Struktur Organisasi ALZI